• Menggunakan Platform Microsoft Azure

    Wednesday, March 09, 2016

    Microsoft Azure adalah cloud computing platform dari Microsoft yang menyediakan PaaS (Platform as a Service) dan IaaS (Infrastructure as a Service) dan didukung oleh banyak bahasa pemrograman. Azure menyediakan banyak service, seperti Virtual Machine, Virtual Network, SQL Database, Web Server, Developer Service, dll. Selain itu, Azure juga menyediakan reliability, availability, dan maintainability.
    Untuk mendapatkan Microsoft Azure, kamu dapat mendaftar di sini. Tetapi, kabar gembira untuk kamu yang memiliki akun Dreamspark, kamu dapat mendapatkannya secara gratis!
    Setelah kamu mendapatkan Azure, langkah berikutnya adalah kita mencoba untuk membuat satu web app di dalam Azure. 
    1. Masuk dulu ke dalam Azure Portal. Setelah itu akan muncul halaman seperti gambar di bawah.
    2. Klik New, kemudian akan terlihat seluruh service yang bisa kamu gunakan di Azure. Berhubung kita akan membuat satu web server, pilih Web + Mobile, lalu pilih Web App.
    3. Isi app name (Nama aplikasi kamu), Subscription (tergantung kamu mendaftar Azure menggunakan jalur yang mana), Resource Group (kalau kosong, buat Resource Group yang baru saja), dan Location (pilih lokasi yang paling dekat dengan lokasi kamu sekarang, agar costnya gak terlalu berat). Setelah itu create web app kamu.
    Oke, disini kamu sudah berhasil membuat satu web app. Kamu dapat membuka web app kamu pada URL yang sudah terpasang di profil web app kamu. Sekarang kita akan memodifikasi isinya sesuai dengan apa yang ingin kita pasang di app kita.
    Sebelum mengupload ke web app, kamu harus mengatur user name dan password FTP, karena secara default, mereka belum terkonfigurasi. Kamu dapat membukanya melalui Settings, lalu pilih Deployment credentials. Masukkan username dan password yang kamu inginkan, lalu save.

    Sekarang kamu bisa mengupload web kamu ke dalam Azure. Sebenarnya kalian bisa memakai Explorer atau FTP Client. Untuk tutorial ini, saya akan menggunakan FTP Client, FileZilla. Cara melalui FTP Client lebih populer daripada Explorer karena jauh lebih powerful dan aman.
    1. Hubungkan FileZilla dengan FTP kamu. FTP hostname bisa kamu dapatkan di profil web app kamu.
    2. Pastikan kamu sudah memiliki web yang akan kamu publish. Copy web kamu di dalam folder /site/wwwroot. Jika ada satu file hostingstart.html, hapus saja. File tersebut yang menampilkan tampilan web kamu secara default.
    Jika kamu menggunakan Visual Studio, kamu dapat mengupload web kamu dengan cara yang lebih cepat lagi. 
    1. Klik kanan pada Solution, kemudian pilih Publish.
    2. Pilih target upload. Di sini kita akan melalui cara Import saja, sehingga kita tidak perlu memasukkan data-data yang diperlukan. Di mana kita bisa mendapatkannya? Kembali ke Azure Portal. Pilih Get Publish Profile.
    3. Browse profile yang sudah terdownload.
    4. Kalian tinggal menunggu saja sampai semua file terupload dan boom! Web app kamu sudah terpasang di Azure.
    Sekarang kamu bisa memiliki web server kamu sendiri dengan Microsoft Azure.

    No comments:

    Post a Comment

    If you have questions, responses, or requests, feel free to write it down. :)

  • There was an error in this gadget
     

    Copyright © 2011- Kevnath • Powered by BloggerKevnath-Miku 2.0 • Designed by Kevin Nathanael